Tahapan Proses Perbaikan Bodi Mobil



       Dibawah ini saya sampaikan prosedur-prosedur perbaikan bodi kendaraan mobil yang kebanyakan dilakukan di bengkel-bengkel resmi, seperti contohnya saya ambilkan prosedur dari bengkel Nasmoco. Dibawah ini yaitu prosedur perbaikannya :

Proses pekerjaan Body & Paint Center Nasmoco Body & Paint, diantaranya :

A. Penerimaan 
Dalam penerimaan unit perbaikan body repair dan pengecatan akan dilayani oleh Service Advisor yang ramah dan profesional. Didalam tahap ini pelanggan akan mendapatkan informasi mengenai kerusakan dan estimasi biaya dan waktu secara akurat.

B. Perbaikan Kerusakan Bodi
Dalam tahap ini dilakukan untuk memperbaiki dan mengembalikan bodi kendaraan yang rusak akibat tabrakan ( benturan ) sehingga body mobil kembali ke spesifikasi dan standart awal.
Didalam perbaikan kerusakan, di Bengkel Nasmoco menggolongkan kerusakan menjadi dua, yaitu:
    
     1. Kerusakan Berat

     
Kendaraan dikategorikan dalam kerusakan berat apabila Frame/Rangka mobil mengalami kerusakan dan perlu proses perbaikan atau pelurusan. Untuk melakukan perbaikan ini diperlukan alat ” Frame Aligner “yang dapat mengukur dimensi kendaraan secar presisi sehingga saat mobil selesai perbaikan tidak terjadi perubahan pada kestabilan pengendaraan dan mengurangi kenyamanan anda dalam mengemudi, seperti kemudi narik, body miring, celah pintu tidak rata dll.

     2. Kerusakan Ringan

   http://nasmoco.co.id/wp-content/uploads/2011/09/2.jpg 
Kendaraan dikategorikan dalam kerusakan ringan apabila tidak terjadi kebengkokan pada frame/rangka. Contoh kerusakannya seperti goresan, penyokan, cacat pada cat, dsb. Dalam penggolongan kerusakan ini hanya dilakukan untuk memperbaiki panel maupun penggantian panel, seperti: pintu, kap mesin, bumper, fender, dan tutup bagasi belakang. Dalam penggantian panel dilakukan apabila panel tidak memungkinkan untuk diperbaiki. Untuk metode perbaikan ini dapat dilakukan dengan menggunakan Palu & Dolly maupun dengan teknik Washer Welder.


C. Persiapan Permukaan

 
Dalam tahap persiapan permukaan adalah metode dan persyaratan wajib yang dilakukan untuk mempersiapkan panel rusak ataupun panel baru (panel ganti) sehingga siap untuk dilakukan proses selanjutnya yaitu pengecatan (Top Coating).

Tujuan Persiapan Permukaan sendiri adalah:
1. Melindungi plat/panel dan mencegahnya dari karat.
2. Memberikan daya lekat (adhesi) antar lapisan cat sehingga cat tidak mudah mengelupas.
3. Mengembalikan panel penyok ke bentuk awal.
4. Merapatkan permukaan yang akan di cat untuk mencagah penyerapan material cat, sehingga kilapan (Gloss) dari cat akan tahan lama.

D. Colour Mixing

http://nasmoco.co.id/wp-content/uploads/2011/09/4.jpg 
Colour matching adalah tahap untuk mencari dan menyamakan warna dengan cara mencampur beberapa warna dasar sehingga diperoleh warna yang sesuai dengan warna mobil yang diperbaiki. Jadi sebelum dilakukan proses pengecatan, harus dilakukan proses colour matching terlebih dahulu supaya tidak timbul masalah seperti warna yang berbeda setelah proses perbaikan.  
Proses colour matching di Nasmoco Body & Paint Center sudah dikerjakan secara computerize dan menggunakan 1 Mixing Machine dari Pabrik Cat yang terkemuka sehingga kualitas dan keakuratan warna menjadi sangat tinggi.


E. Masking

http://nasmoco.co.id/wp-content/uploads/2011/09/5.jpg 
Masking adalah metode yang dilakukan untuk melindungi bagian dari mobil yang tidak dikerjakan selama proses perbaikan dan pengecatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah menempelnya debu-debu cat (over spray) pada bagian-bagian seperti kaca, karet2 dan bagian lain dari mobil.


F. Spraying & Drying 




 

Spraying adalah proses pengecatan bodi kendaraan yang diperbaiki (top-coat), sedangkan Drying adalah proses pengeringan setelah pengecatan.
Untuk memperoleh hasil pengecatan yang bersih dan berkualitas tinggi, di bengkel Nasmoco proses pengecatan dilakukan dalam satu ruang tertutup yang jamin kebersihannya dengan dilengkapi sirkulasi udara yang bersih dan lancar. Alat ini dinamakan dengan CombiBooth, karena selain untuk ruang pengecatan sekaligus sebagai ruang untuk pengeringan atau Oven.
Dengan alat ini hasil pengecatan dijamin berkualitas tinggi dan lebih cepat karena langsung dikeringkan dengan pengovenan dengan suhu yang dapat diatur sampai 80 derajat Celsius. Untuk proses pengeringan cepat dapat juga dilakukan dengan menggunakan Drying Tools berupa Infra Red type short wave.

G. Polishing & Finishing
 
Dalam tahap ini, Polishing dan Finishing adalah bagian akhir dari proses Pengecatan mobil, polishing dilakukan untuk menambah kilapan kendaraan sekaligus menyesuaikan teksturnya seperti mobil baru.



H. Final Inspection

 
Dalam tahap ini yaitu proses pengecekan ulang yang dilakukan oleh bagian Quality Control, tujuannya untuk memastikan kualitas perbaikan dan pengecatan benar-benar memuaskan. Selain itu pelanggan mendapatkan garansi pengecatan 6 Bulan. Apabila ada timbul permasalahan di bagian yang setelah diperbaiki, maka pelanggan dapat menuntut perbaikan lagi di waktu 6 bulan tersebut.

Demikian gambaran tentang prosedur perbaikan Body & Paint di bengkel Nasmoco yang saya sampaikan . Apabila banyak kekurangan, saya mohon maaf dan semoga dengan bacaan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu Saudara/i .

Terimakasih atas kunjungan Anda .. :-)


Sumber: http://nasmoco.co.id/body-repair-paint/

3 komentar: